Cara Melindungi Drive yang Dapat Dilepas Dengan BitLocker To Go

Anda dapat menggunakan aplikasi Windows 10 dan 11 BitLocker untuk mengenkripsi hard drive komputer Anda. Ini meningkatkan keamanan komputer dan membantu mencegah akses tidak sah ke data Anda. Ketika BitLocker diaktifkan pada drive, file baru secara otomatis dienkripsi. Tetapi jika Anda menyalin file-file itu ke drive yang dapat dilepas, mereka secara otomatis didekripsi.

BitLocker To Go memberikan solusi untuk masalah ini, memungkinkan Anda untuk menjaga removable drive Anda seaman hard drive PC Anda.

Di Mana Saya Dapat Menggunakan BitLocker Untuk Pergi?

Anda dapat menggunakan BitLocker To Go pada sebagian besar jenis media penyimpanan yang dapat dipindahkan. Ini termasuk USB flash drive, kartu SD dan MicroSD, dan sebagian besar hard disk eksternal. Media penyimpanan eksternal apa pun yang menggunakan sistem file NTFS, FAT16, FAT32, atau exFAT harus berfungsi.

Jika Anda telah mempartisi drive eksternal, partisi yang ingin Anda lindungi harus memenuhi persyaratan tertentu. Ini termasuk menjadi partisi aktif, tidak dienkripsi dengan cara lain, dan harus berukuran minimal 250MB.

Hard disk internal dan drive data tetap harus menggunakan BitLocker, bukan BitLocker To Go. Panduan kami untuk melindungi drive internal dengan BitLocker menjelaskan lebih lanjut.

Cara Mengaktifkan BitLocker untuk Drive yang Dapat Dilepas

BitLocker To Go perlu diatur di setiap drive satu per satu. Pastikan drive memenuhi persyaratan di atas, dan sambungkan ke komputer Anda. Pastikan terpasang dengan benar dan dikenali oleh Windows. Setelah itu selesai, Anda dapat mulai mengatur BitLocker To Go di drive.

  1. Buka File Explorer > My PC untuk melihat drive terhubung yang tersedia. Pilih drive yang dapat dilepas yang ingin Anda enkripsi.
  2. Anda dapat mengklik kanan pada drive dan memilih Turn BitLocker on dari menu atau klik tab Manage dan kemudian klik BitLocker > Turn BitLocker on .
  3. Selanjutnya, Anda harus memilih bagaimana drive dapat dibuka kuncinya. Pilih Gunakan kata sandi untuk membuka kunci perangkat . Jika Anda memiliki kartu pintar, Anda dapat memasukkannya dan memilih opsi itu sebagai gantinya.
  4. Masukkan dan konfirmasi kata sandi Anda, lalu klik Berikutnya.
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih cara mencadangkan kunci pemulihan Anda, yang digunakan untuk mendapatkan akses ke drive jika Anda lupa kata sandi Anda. Anda dapat menyimpannya ke beberapa lokasi.
  6. Pilih berapa banyak drive yang akan dienkripsi, lalu pilih mode enkripsi. Mode yang kompatibel adalah yang terbaik untuk drive yang dapat dilepas.
  7. Terakhir, klik tombol Mulai enkripsi dan tunggu prosesnya selesai. Ini tidak akan lama.

Drive yang dienkripsi dengan BitLocker akan ditampilkan dengan ikon gembok saat dilihat di PC Saya. Saat Anda memasukkan dan mencoba mengakses drive berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi BitLocker, untuk informasi lebih lengkapnya di trestleontenth.com.

Cara Menonaktifkan BitLocker untuk Drive yang Dapat Dilepas

Jika Anda memutuskan bahwa Anda tidak lagi memerlukan drive yang dapat dilepas yang dilindungi dengan BitLocker To Go, Anda dapat dengan mudah menghapusnya lagi.

  1. Masukkan drive ke komputer Anda dan buka kuncinya dengan kata sandi BitLocker Anda.
  2. Klik kanan pada drive di File Explorer > My PC, dan pilih Manage BitLocker dari menu.
  3. Di manajer BitLocker, temukan drive dalam daftar dan klik Matikan BitLocker. Konfirmasikan tindakan saat diminta.

Drive kemudian akan didekripsi dan tidak lagi dilindungi oleh BitLocker. Kecuali jika drive berkapasitas sangat besar, proses dekripsi hanya akan memakan waktu beberapa detik. Anda juga dapat menangguhkan atau menonaktifkan BitLocker di drive utama Anda jika Anda mau.

Cara Mencadangkan Kunci Pemulihan BitLocker Anda

Kunci pemulihan BitLocker digunakan untuk mendapatkan akses ke drive jika kata sandinya dilupakan. Menjaga kunci pemulihan Anda tetap aman jelas penting. Selama penyiapan BitLocker, Anda akan diberikan tiga opsi untuk mencadangkan kunci pemulihan Anda.

1. Simpan ke Akun Microsoft Anda

Anda harus menggunakan Windows dengan akun Microsoft agar opsi ini tersedia. Jika menggunakan akun lokal di PC, Anda tidak dapat menyimpan kunci ke akun Microsoft. Semua kunci pemulihan disimpan bersama dalam daftar, dengan drive atau nama perangkat ditampilkan dengan kunci untuk identifikasi.

2. Simpan ke File

Ini menyimpan kunci pemulihan ke file .TXT sederhana. Ini jelas tidak terlalu aman kecuali drive tempat file disimpan dilindungi. Salah satu cara untuk menjaga keamanan file adalah dengan menyimpannya di drive USB cadangan. Simpan ini di tempat yang aman, tidak terhubung ke komputer Anda.

Anda juga dapat mencetak kunci pemulihan jika Anda memiliki printer yang terhubung. Ini berpotensi menjadi metode pencadangan kunci pemulihan yang paling aman bagi kebanyakan orang. Dengan kunci yang disimpan di atas kertas, tidak ada kemungkinan orang lain di luar rumah Anda melihatnya. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman, agar hasil cetaknya tidak hilang

Nonaktifkan BitLocker Untuk Pergi Dengan Command Prompt atau PowerShell

Anda dapat menggunakan Command Prompt atau PowerShell untuk menonaktifkan BitLocker To Go pada drive yang dapat dilepas. Ini dapat berguna jika drive terenkripsi tidak muncul di layar manajemen BitLocker karena alasan tertentu.

  1. Masukkan drive ke komputer Anda dan buka kuncinya dengan kata sandi BitLocker.
  2. Ketik cmd ke Windows Search dan buka Command Prompt sebagai administrator. Anda tidak dapat menonaktifkan BitLocker jika Anda tidak memiliki hak istimewa yang lebih tinggi.
  3. Di Command Prompt, ketik: manage-bde -off H: . Ganti H dengan huruf drive yang ditetapkan untuk drive Anda.
  4. Tekan Return dan Anda akan melihat pesan yang mengonfirmasi bahwa BitLocker telah dinonaktifkan untuk drive.

Jika mau, Anda dapat menggunakan PowerShell alih-alih Command Prompt.

  1. Di Pencarian Windows, ketik PowerShell lalu pilih jalankan sebagai administrator dari opsi peluncuran.
  2. Di konsol PowerShell, ketik: Disable-BitLocker -MountPoint “H:” . Ganti H dengan huruf yang ditetapkan untuk drive Anda.
  3. Tekan Return dan Anda akan melihat pesan yang memberi tahu Anda bahwa BitLocker telah dinonaktifkan untuk drive.

Lindungi Drive Anda yang Dapat Dilepas Dengan BitLocker To Go

BitLocker dibangun ke dalam Windows 10 dan 11 dan menawarkan cara sederhana untuk meningkatkan keamanan hard drive Anda. Saat Anda juga menggunakan BitLocker To Go pada penyimpanan yang dapat dilepas, seperti USB flash drive, file Anda lebih aman bahkan saat dipindahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.