Kapan Bertanya Tentang Gaji

Pertanyaan wawancara yang tidak boleh diajukan selama tahap awal wawancara adalah “berapa banyak liburan yang saya dapatkan,” sebelum pewawancara membuat pernyataan manfaat tambahan terlebih dahulu. Anda juga dapat menerapkan aturan yang sama ketika menanyakan tentang gaji.

Meskipun ada pengecualian untuk aturan apa pun, waktu yang tepat untuk bertanya tentang liburan dan uang adalah selama tahap terakhir dari proses wawancara. Ini disebut “wawancara tawaran”.

Ada tiga kaki untuk wawancara. Sangat membantu untuk mengetahui kaki mana yang  Anda pijak sehingga Anda tidak tersandung.

Leg pertama – wawancara dengan sumber daya manusia (SDM)

Meskipun Anda mungkin tidak memulai wawancara dengan sumber daya manusia, ini sering kali merupakan langkah pertama. Ini bisa menjadi wawancara terberat yang akan Anda dapatkan. SDM memang top. Anda tidak diunggulkan. Perwakilan SDM telah dilatih cara wawancara. Niat mereka adalah untuk menyaring Anda, bukan masuk. Perekrut SDM ingin memilih beberapa kandidat untuk dirujuk ke satu atau lebih manajer perekrutan.

Jadi kencangkan sabuk pengaman Anda dan lakukan yang terbaik untuk mengikuti wawancara berikutnya.

Leg kedua – wawancara dengan manajer perekrutan

Tidak seperti orang HR yang memperkenalkan Anda, kebanyakan manajer perekrutan tidak tahu bagaimana melakukan wawancara, lebih suka melakukan pekerjaan mereka sendiri daripada mewawancarai Anda, dan bahkan bisa lebih cemas daripada Anda tentang daftar gaji karyawan. Karena ketika seorang manajer membuat keputusan perekrutan yang salah, pekerjaan orang itu dipertaruhkan.

Sementara manajer perekrutan masih sangat diunggulkan dan Anda masih diunggulkan, Anda dapat mulai mengambil kendali atas wawancara dengan menggunakan teknik yang telah Anda pelajari dengan membaca kolom cara di Layanan Karir Anda .

Kaki ketiga — wawancara tawaran

Anda telah menempuh perjalanan panjang, sayang, setiap kali Anda sampai pada tahap ketiga dari proses wawancara dengan sebuah perusahaan. Sekarang, Anda topdog. Perusahaan ini diunggulkan. Mengapa? Anda adalah kandidat yang diinginkan perusahaan, itu sebabnya. Mereka telah menginvestasikan waktu dan uang untuk mewawancarai dan mendiskusikan Anda. Sekarang, mereka siap memberi Anda penawaran.

Kapan harus bertanya tentang manfaat tambahan

Ini adalah kesempatan Anda untuk bertanya tentang kompensasi – gaji dan tunjangan – dan menegosiasikan tawaran tersebut. Banyak dari Anda takut melakukannya. Tapi bukan masalah besar untuk meminta lebih banyak uang ketika Anda memahami bahwa, seperti mobil atau rumah, Anda adalah barang mahal.

Saat membeli mobil atau rumah, apakah Anda membayar harga yang diminta? Tidak. Anda mengajukan penawaran untuk mobil sama seperti majikan mengajukan penawaran untuk layanan Anda. Anda diharapkan untuk menegosiasikan gaji dan tunjangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.