Tips Belanja Hemat, Cara Uang Belanja Supaya Cukup Sebulan!

Tips belanja hemat menjadi cara yang paling dicari oleh hampir semua orang. Bagaimana tidak, hal ini menunjukkan bahwa banyak sekali orang yang sulit mengontrol keuangan mereka ketika berbelanja bulanan.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menggunakan uang berlebih ketika berbelanja bulanan. Namun, menghemat uang belanja bulanan memang bukan hal yang mudah.

Selain karena harga kebutuhan sehari-hari yang sering berubah-ubah dan melambung tinggi, banyak juga godaan-godaan yang bisa mengganggu keuangan kamu.

Padahal, dengan menghemat pengeluaran bulanan kamu bisa memiliki sisa uang dari pendapatan yang kamu dapatkan secara rutin setiap bulannya.

Jadi, sisa uang bulanan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan lainnya di kemudian hari belanja hemat .

Yuk, simak beberapa cara menghemat pengeluaran bulanan ketika berbelanja setiap bulannya berikut ini.

Tips Belanja Hemat Bulanan
Berikut enam cara menghemat uang belanja bulanan supaya terhindari membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

1. Selalu buat daftar belanjaan
Salah satu cara belanja hemat setiap bulannya adalah dengan membuat daftar belanja ketika kamu akan berbelanja.

Kamu hanya perlu mencatat apa saja barang-barang serta kebutuhan lain yang memang kamu perlukan. Perlu kamu ingat, utamakan kebutuhan bukan keinginan semata!

Kamu bisa berbelanja baik online maupun mendatangi supermarket secara langsung dengan berpegangan pada daftar belanjaan yang telah kamu susun sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan.

Kamu bisa mulai mencatat beberapa barang yang penting terlebih dahulu atau sudah pasti kamu butuhkan.

2. Tips Belanja Hemat: Tentukan budget
Setelah membuat daftar belanjaan, selanjutnya tentukan berapa besaran uang yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja bulanan.

Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari membawa uang terlalu banyak dalam dompet. Pasalnya, kamu bisa saja bayar menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Padahal membuat anggaran belanja ini untuk membuat kamu lebih fokus pada apa yang kamu butuhkan saja, bukan berdasarkan keinginan.

Selain itu, dengan anggaran belanja tersebut, kamu tidak akan mudah tergoda barang lain yang bisa menyebabkan anggaran belanja kamu membengkak.

3. Pilih barang yang lebih murah
Perlu kamu ketahui, memilih barang dengan harga yang lebih murah bukan berarti kamu memilih barang jelek atau den kualitas buruk.

Banyak sekali barang-barang yang memiliki harga murah tetapi dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan harga barang yang lebih mahal.

Jadi, jangan malas untuk mencari perbandingan harga beberapa barang yang sama. Dengan begitu kamu akan mendapatkan barang dengan harga yang lebih terjangkau.

Kamu perlu ingat, tujuan dari semua ini adalah untuk dapat menghemat pengeluaran saat belanja bulanan. Jadi, upayakan untuk selalu tetap berjalan sesuai dengan rencana yang telah kamu buat sebelumnya ya.

BACA JUGA: Paylater Bisa Ancam Seseorang untuk Menabung? Cek Untung Ruginya!

4. Tips Belanja Hemat: Catat setiap pengeluaran
Ini merupakan salah satu tips belanja hemat, yaitu rutin mencatat semua pengeluaran. Dengan begitu akan sangat membantu kamu dalam berbagai hal.

Misalnya saja, kamu akan tahu jika ada pengeluaran yang tidak terduga, atau pengeluaran yang paling besar pada bulan tersebut.

Selain itu, dengan mencatat semua pengeluaran kamu dapat memonitor keuangan kamu setiap bulannya, serta dengan adanya catatan tersebut kamu dapat memprioritaskan mana yang bisa dikurangi atau kamu hilangkan.

Cara mudah untuk mencatat setiap pengeluaran, kamu bisa menggunakan Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Mudah bukan?

5. Sisihkan pendapatan
Untuk menghindari adanya pembengkakan pengeluaran saat belanja bulanan, kamu bisa langsung memisahkan dana tersebut ketika menerima gaji.

Misalnya, kamu dapat menggunakan metode 60/20/20 dengan rincian 60 persen untuk kebutuhan prioritas, 20 persen untuk dana darurat, dan 20 persen sisanya untuk tabungan atau investasi.

Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui tingkat prioritas pendapatan bulanan dan bagaimana seharusnya pendapatan yang kamu terima disisihkan untuk kebutuhan lain.

6. Tips Belanja Hemat: Hindari berhutang
Hal yang paling penting untuk kamu, bagaimanapun hindari berhutang, baik dengan nominal kecil maupun besar.

Misalnya saja penggunaan kartu kredit, yang justru bisa menguras pendapatan kamu untuk membayar cicilan per bulan beserta dengan bunganya.

Pun misalnya kamu telah menggunakannya, disarankan untuk menghitung dengan detail biaya apa saja yang kamu bayarkan menggunakan kartu kredit beserta bunganya, untuk dimasukkan dalam rincian pengeluaran kamu di bulan berikutnya.

Itulah beberapa tips berbelanja hemat per bulannya yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Semoga berguna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *