Ulasan MSI G273QF: 1440p 165Hz 1ms FreeSync IPS Gaming Monitor

MSI Optix G273QF adalah monitor gaming IPS 27″ 1440p 165Hz termurah yang bisa Anda dapatkan yang memiliki kecepatan waktu respons 1ms GtG yang cepat! Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentangnya, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan viewsonic-xg2431 1080p 240hz 1ms ips freesync gaming monitor.

Kualitas gambar

Berdasarkan panel AHVA (tipe IPS) oleh AU Optronics, MSI G273QF memberi Anda semua manfaat yang dapat Anda harapkan dari monitor IPS modern, termasuk sudut pandang lebar, waktu respons cepat, dan warna cerah.

Sudut pandang lebar 178° memastikan bahwa gambar tetap sempurna dengan warna yang akurat dan konsisten terlepas dari sudut pandang Anda di layar.

Dengan cakupan gamut DCI-P3 93% (~125% sRGB), Anda juga mendapatkan warna yang lebih jenuh dan cerah dibandingkan monitor sRGB standar.

Karena tidak ada mode emulasi sRGB, beberapa kelebihan saturasi dapat dideteksi saat melihat konten SDR, namun, itu tidak berlebihan seperti yang terjadi pada tampilan Nano IPS (135% sRGB) atau Adobe RGB (~150% sRGB) LG.

Jadi, Anda hanya mendapatkan warna yang sedikit lebih mencolok dan lebih banyak variasi warna, tidak ada yang berlebihan. Namun, mode sRGB akan diterima bagi mereka yang lebih menyukai akurasi yang lebih tinggi.

Selanjutnya, MSI G273QF memiliki kecerahan puncak 300-nits, yang seharusnya cukup untuk semua pengguna yang berencana menggunakan layar dalam kondisi pencahayaan normal atau di ruangan yang cukup terang.

Rasio kontras statis berjumlah 1.000:1, seperti yang diharapkan dari layar IPS. Kedalaman hitam tidak sebagus panel VA dengan rasio kontras biasanya dalam kisaran 3.000:1, tetapi monitor ini memiliki kekurangan lain, seperti sudut pandang yang lebih sempit dan kecepatan waktu respons yang jauh lebih lambat, setidaknya pada kisaran harga ini.

Jika Anda membeli monitor IPS, Anda juga harus membiasakan diri dengan IPS glow. Ini adalah kelemahan yang diharapkan dari teknologi panel ini yang ditandai dengan cahaya yang terlihat di sekitar sudut layar.

Ini sebagian besar terlihat saat melihat konten gelap di ruangan gelap dengan pengaturan kecerahan tinggi dan intensitasnya dapat bervariasi di berbagai unit monitor, tetapi dalam kebanyakan kasus, ini sepenuhnya dapat dikelola.

Selanjutnya, resolusi 2560×1440 QHD monitor MSI G273QF menghasilkan kerapatan piksel tinggi sekitar 108 PPI (piksel per inci), artinya Anda mendapatkan banyak ruang layar serta detail dan teks yang tajam, tanpa perlu penskalaan apa pun.

Pertunjukan

Selanjutnya, G273QF menawarkan kecepatan waktu respons piksel GtG 1 ms yang cepat.

Ada tiga mode overdrive waktu respons: Normal, Cepat dan Tercepat.

Mode ‘Tercepat’ mendorong piksel untuk bertransisi dari satu warna ke warna lain terlalu agresif, menyebabkan piksel overshoot atau ghosting terbalik.

Mode ‘Normal’, di sisi lain, secara efektif mencegah ghosting di belakang objek yang bergerak cepat, tanpa menambahkan overshoot apa pun, yang menghasilkan kinerja yang mulus seperti mentega dalam game yang bergerak cepat.

Pada kecepatan refresh yang lebih rendah, atau jika Anda menggunakan kecepatan refresh variabel (VRR) pada kecepatan bingkai rendah, Anda harus memutar kembali pengaturan overdrive ke ‘Normal’ untuk mencegah overshoot.

Jeda input tidak terlihat pada sekitar 3 md, jadi Anda tidak akan dapat merasakan penundaan apa pun antara tindakan Anda dan hasilnya di layar.

VRR didukung dengan AMD FreeSync Premium dan sertifikasi Kompatibel G-SYNC NVIDIA dalam rentang 48-165Hz untuk gameplay bebas air mata.

Atau, Anda dapat mengaktifkan MPRT, yang menggunakan nyala lampu latar untuk mengurangi gerakan kabur yang dirasakan. Ini tidak dapat aktif pada saat yang sama dengan VRR dan mengurangi kecerahan maksimum saat diaktifkan, tetapi meningkatkan kejelasan gerakan dalam permainan cepat selama frame rate Anda sesuai dengan kecepatan refresh monitor, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Fitur

Untuk mengakses menu OSD (On-Screen Display) Gaming Monitors MSI G273QF, tekan joystick arah yang ditempatkan di bagian belakang monitor, sementara tombol daya berada di bawah bezel bawah, di sisi kanan layar.

Fitur game yang patut diperhatikan termasuk berbagai preset gambar, Night Vision (meningkatkan visibilitas dalam pemandangan yang lebih gelap), pelacak kecepatan refresh, timer di layar, dan overlay crosshair.

Lampu latar monitor bebas kedip (kecuali MPRT diaktifkan) dan ada mode filter cahaya biru rendah (Pembaca).

Selain alat penyesuaian gambar standar, seperti kecerahan, kontras, dan suhu warna, Anda dapat menyesuaikan ketajaman, tetapi Anda tidak akan menemukan pengaturan gamma atau saturasi.

Desain & Konektivitas

Dudukan monitor kokoh, tetapi hanya dapat dimiringkan sebesar -5°/20°. Layarnya kompatibel dengan pemasangan VESA melalui pola 100x100mm dan menggunakan lapisan anti-silau matte ringan yang menghilangkan pantulan tanpa membuat gambar menjadi kasar.

Pilihan konektivitas termasuk DisplayPort 1.2, dua port HDMI 2.0 (terbatas pada 144Hz) dan jack headphone.

Perhatikan bahwa DisplayPort 1.2 hanya mendukung kedalaman warna 10-bit hingga 120Hz, tetapi dengan subsampling chroma atau kedalaman 8-bit, Anda dapat meningkatkan hingga 165Hz. Mengingat bahwa perbedaan antara warna 8-bit dan 10-bit dengan konten SDR benar-benar tidak terlihat, ini bukan masalah dan Anda hanya perlu mengatur monitor ke 2560×1440 165Hz dengan kedalaman warna 8-bit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.